Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Rano Karno membuka Festival Bedug dan Pasar Kreatif Ramadan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (14/3).
Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.
Menurut Wagub Rano, kegiatan ini penting diselenggarakan karena menjadi wadah bagi warga untuk berkumpul dan berinteraksi. “Jadi, ini adalah salah satu upaya kita meningkatkan silaturahmi masyarakat Jakarta di bulan suci Ramadan dan Insyaallah menyambut Hari Raya Idulfitri,” jelas Wagub Rano.
Ia menambahkan, festival ini termasuk bagian dari pelestarian budaya, khususnya Tabuh Bedug. “Artinya, ini kita kembali menggiatkan agar kecintaan budaya di kampung-kampung itu meningkat. Banyak cara untuk meningkatkan kecintaan akan budaya, salah satunya melalui Festival Bedug seperti ini,” tutur Wagub Rano.
Festival Bedug sebelumnya dilaksanakan di tingkat kota/kabupaten pada 6-11 Maret 2025.
Sedangkan untuk tingkat provinsi, dilaksanakan hari ini, dengan jumlah peserta 16 grup perwakilan kota/kabupaten. Para pemenang Festival Bedug tingkat provinsi akan mendapat penghargaan berupa uang pembinaan, yaitu juara satu sebesar Rp25.000.000, juara dua senilai Rp20.000.000, dan juara tiga sebanyak Rp15.000.000.
Adapun harapan satu mendapat Rp12.500.000, harapan dua senilai Rp10.000.000, serta piala/tropi dan piagam.
Untuk Pasar Kreatif Ramadan, diselenggarakan di tujuh lokasi yang tersebar di lima wilayah kota, yakni:
1. Taman Lapangan Banteng (Jakarta Pusat)
2. Taman Gorontalo (Jakarta Utara)
3. Taman Impian Jaya Ancol (Jakarta Utara)
4. Taman Wijaya Kusuma (Jakarta Barat)
5. Area Depan UPK Kota Tua (Jakarta Barat)
6. Tebet Eco Park (Jakarta Selatan)
7. Taman Cempaka (Jakarta Timur)
Adapun ragam kegiatan yang ditampilkan di Pasar Kreatif Ramadan, antara lain Bazar Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dari berbagai binaan, yaitu Jakpreneur, Semasa, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, Gerakan Nasional Pemuda Betawi (GENAB), dan Pedagang Pasar Tanah Abang.
Bazar ini menjadi sarana untuk mendukung giat ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, fesyen, dan kriya.
Sementara untuk rangkaian kegiatan Ramadan dan Lebaran di Jakarta meliputi;
– Pasar Kreatif Ramadan di tujuh lokasi yang tersebar di lima wilayah kota pada 14-16 Maret 2025, pukul 15.00-20.00 WIB
– Paket Wisata Belanja di Pasar Tanah Abang: Belanja “Nyok! Ngeborong di Tanah Abang” pada 5-30 Maret 2025
– Jakarta Midnight Sale – Ramadan Edition di 15 mal di Jakarta
– Festival Keajaiban Ramadan di Ancol
– Paket Wisata Lebaran di Jakarta: Paket Wisata Bundling Lebaran di Jakarta pada 21 Maret-8 April 2025.
Berbagai atraksi juga diselenggarakan di destinasi wisata unggulan, seperti Pertunjukan Video Mapping dan Air Mancur Menari di Monas, Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Indah Kapuk I, Kota Tua, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah dan Kepulauan Seribu.
Semua kegiatan ini terselenggara berkat sinergi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPKUKM); Dinas Pertamanan dan Hutan Kota; Dinas Kebudayaan; BUMD DKI Jakarta; Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI); Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI); Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO); Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA); Indonesia Inbound Tour Operators Association (IINTOA); Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI); Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI); dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).